Mulai Belajar Pascal 2

Mulai Belajar PascalMelanjutkan tutorial kemarin Mulai Belajar Pascal. Untuk yang belum membacanya silahkan mengunjungi link di atas.

Kali ini saya akan membahas tentang Write, Writeln, dan angka. Seperti yang telah kita bahas kemarin, Write di dalam pascal digunakan untuk menampilkan ke layar. Lalu apa bedanya Write dengan Writeln ? Mari kita lihat program dibawah ini.

Program Contoh2;

Begin

Write(‘Hai, ‘);

Writeln(‘Siapa nama kamu?’);

Write(‘Nama saya ‘);

Writeln(‘*——-*’);

Readln;

End.

Silahkan jalankan program diatas dan lihatlah hasilnya. Apakah sekarang tahu perbedaannya ? ya, perbedaannya terletak pada kalimat selanjutnya. Output program berikut adalah seperti berikut :

Hai, Siapa nama kamu?

Nama saya *——-*

Kalau kita memakan Write maka kalimat selanjutnya yang akan kita munculkan akan terletak disamping kalimat yang pertama dimunculkan atau melanjutkan kalimat pertama. Berbeda dengan writeln jika menggunakna writeln maka kalimat selanjutnya yang akan ditampilakan berpindah satu garis kebawah.

Nah, sekarang anda sudah tahu bagaimana penggunaan Write dan Writeln dalam pascal, sekarang kita akan melanjutkan membahas tentang angka dalam pascal.

Didalam pascal kita dapat dengan mudah menjumlahkan, mengurangi, membagi atau mengalikan angka. Symbol yang digunakan adalah sebagai berikut :

+          Penjumlahan

-           Pengurangan

/           Pembagian

*           Perkalian

Ada juga operator yang lain didalam pascal yaitu Div dan Mod, Div digunakan untuk pembagian angka integer atau bilangan bulat. Sedangkan Mod digunakan untuk mencari sisa pembagian. Untuk cara penggunaannya silahkan lihat program dibawah ini :

Program contoh3;

Begin

Writeln(‘Hasil dari 3 + 4 adalah ‘, 3+4);

Writeln(‘Hasil dari 7 – 3 adalah ‘, 7-3);

Writeln(‘Hasil dari 8/4 adalah ‘, 8/4);

Writeln(‘Hasil dari 4 x 4 adalah ‘, 4*4);

Writeln(‘Hasil pembagian dari 8 dan 4 ‘, 8 div 4);

Writeln(‘Sisa pembagian dari 7 dibagi 4 adalah ‘, 7 mod 4);

Readln;

End.

Silahkan jalankan program diatas dan lihatkan hasilnya, Apakah semua perhitungan yang dilakukan pascal benar ? ya benar, lalu apakah ada yang aneh didalam program diatas ? ya, hasil 8 dibagi 4 mengunakan Div dan operator / hasilnya adalah sama, lalu apa perbedaan dua operator tersebut ? Mari kita lihat contoh dibawah ini :

Program contoh3;

Begin

Writeln(7 div 4);

Writeln( 7/4 );

Readln;

End.

Silahkan Jalankan Program diatas. Sekarang kelihatan kan bedanya ?

Div digunakan untuk pembagian bulat atau integer hasilnya adalah integer . Seperti contoh diatas 7 dibagi 4 adalah 1 dan sisanya 3, maka yang diambil adalah angka 1. Berbeda dengan operator / , operator / bisa digunakan untuk pembagian bilangan real, hasilnya bisa berbentuk koma seperti pada contoh diatas.

Didalam pascal juga menganal tingkatan dari operator seperti di dalam matematika, contoh sebagai berikut :

3*4-2+4

Maka yang dilakukan pertama kali adalah perkalian dulu, lalu penjumlahan dan pengurangan. Sama juga didalam pascal juga mengenal tingakatan seperti didalam matematika. Urutan mulai yang paling tinggi adalah sebagi berikut :

Mod, Div, / , * , – , +

Latihan

Cobalah untuk membuat program untuk menampilkan nilai dari perhitungan dibawah ini dengan menggunakan pascal :

  1. 3 + 3 div 3
  2. 10 – 4 mod 3
  3. 8+4/2
  4. (10+4)/2
  5. 99*5 – 99 mod 3 * 99 div 2

Sekian untuk posting kali ini, semoga bermanfaat :) .

Time is Money

Mulai Belajar Pascal 2 – CrazyProgram.com

About Crazy

Setiap kode program yang ada dalam CrazyProgam.Com jika anda copas dalam compiler ada pesan error, coba anda ketikkan secara manual agar anda lebih menguasai dan memahami programnya. Feel free to ask here ..

No comments yet.

Leave a Reply